Categories
Bisnis

Pencari Kerja Jangan Anggap Sepele, Tips Pede Saat Interivew!

Pencari Kerja Jangan Anggap Sepele, Tips Pede Saat Interivew!

Salah satu momok menakutkan bagi para pencari kerja adalah sesi wawancara. Faktanya banyak orang yang harus gigit jari dan gagal mendapatkan pekerjaan karena interview yang tidak sempurna.

Sumber : Top Hospitality Recruiters In Dubai

Salah satu alasan gagal interview tidak lain karena kurangnya persiapan dan tidak percaya diri. Padahal untuk sukses menghadapi tim HRD, kamu wajib memupuk kepercayaan diri hingga level paling tinggi.

Cara Jitu Tampil Percaya Diri Ketika Wawancara

  1. Practice

Langkah pertama tentu saja berlatih. Sama seperti ulangan, di mana kamu harus banyak belajar jika mengharapkan nilai tinggi. Begitu pula dengan interview. Untuk mendapatkan nilai tertinggi di mata HRD, kamu wajib berlatih lebih sering dari pencari kerja lainnya.

  1. Semangati Diri Sendiri

Pesimistis juga menjadi salah satu sifat buruk yang banyak dipupuk oleh pencari kerja. Padahal yang kamu butuhkan untuk lolos tahapan wawancara adalah kepercayaan diri tinggi. Akan sulit bagimu lulus wawancara jika sejak awal saja sudah tidak bersemangat.

Meskipun perusahaan yang kamu lamar bukan perusahaan yang kamu harapkan. Cobalah bersikap profesional. Singkirkan fakta tersebut dan jalani sesi interview dengan semangat berkobar.

  1. Banyak Berdoa

Di samping terus berusaha dengan menambah jam latihan wawancara, perbanyaklah berdoa. Selain meminta kelancaran pada tuhan, mintalah doa pada orang tua. Doa dari ayah dan ibu, akan membuat hatimu menjadi lebih lapang dan tenang.

Urusan diterima atau tidak di perusahaan tersebut menjadi tanggung jawab HRD yang mewawancaraimu. Setidaknya kamu telah berusaha untuk tampil jujur dan apa adanya.

  1. Baca Quote Menginspirasi

Selain memperoleh suntikan semangat dan doa dari orang tua. Tidak salahnya untuk membaca quote inspiratif sebagai tambahan semangat. Akan lebih baik lagi jika kamu membaca pengalaman interview milik orang lain.

Termasuk bagaimana cara mereka mengendalikan diri sehingga bisa tampil memukau dan percaya diri selagi interview.

Kegagalan yang kamu alami selama melakukan interview jangan dijadikan alasan untuk berhenti mencoba. Yakinlah jika banyak kesempatan yang terbuka di luar sana asalkan kamu mau mencoba dan terus berusaha. Jika kamu gagal melamar di perusahaan A bukan berarti kamu juga tidak akan diterima bekerja di perusahaan B .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *